Aplikasi Calculator Dengan Pemrograman C++Builder 6.0

Aplikasi yg satu ini mungkin tidak asing lagi bagi teman2 yg sudah mengenal komputer, khususnya bagi teman2 yg dekat dengan angka2. Calculator merupakan aplikasi pendukung yg sangat penting terkhusus bagi orang2 yg sangat dekat dan tertarik dengan angka2 atau hitung2an. Sebenarnya hal ini biasa2 saja tetapi bukan berarti tidak menarik untuk  di bahas dan dipelajari, dan memang gak ada yg salah dengan pendapat anda itu. Tetapi apakah kita hanya terpaku menggunakan aplikasi yg sudah jadi atau hanya menggunakan barang yg sudah jadi? Klo anda sependapat dengan saya, mungkin anda akan mengatakan “Tidak” sebab saya yakin rasa penasaran anda  akan membawa anda ketingkat pemahaman yg lebih tinggi. Tingkat pemahaman yg lebih tinggi ini merupakan pemahaman tentang sejarah atau asal-usul sesuatu hal. Termasuk calculator yg kita bahas di sini, Darimana asal-usulnya ?Bagaimana cara membuatnya?

Bahasa pemrograman dikenalkan pada tahun 1967 oleh Martin Richards, yaitu BCPL yang merupakan akar bahasa C sekarang ini.
Kemudian berdasar pada bahasa BCPL ini Ken Thompson yang bekerja di Bell Telephone Laboratories (Bell Labs) mengembangkan bahasa B pada tahun 1970. Saat itu bahasa B telah berhasil diimplementasikan di komputer DEC PDP-7 dengan operating system (OS) UNIX. Pada tahun 1972, peneliti lain di Bell Labs bernama Dennis Ritchie menyempurnakannya menjadi bahasa C. Pada tahun 1978, Dennis Ritchie bersama dengan Brian Kernighan mempublikasikan buku yang kemudian menjadi legenda dalam sejarah perkembangan bahasa C, yang berjudul The C Programming Language. Buku ini diterbitkan oleh Prentice Hall, dan pada saat ini telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia. Boleh dikatakan bahwa buku ini adalah buku yang paling banyak direfer orang dan dijadikan buku panduan tentang pemrograman bahasa C sampai saat ini. Teknik dan gaya penulisan bahasa C yang merefer kepada buku ini kemudian terkenal dengan sebutan K&R C atau Classic C atau Common C. Seiring dengan berkembang pesatnya bahasa C, banyak vendor mengembangkan kompiler C menurut versi masing-masing. Hal ini menggerakkan ANSI (American National Standards Institute) pada tahun 1983 untuk membuat suatu komite yang kemudian diberi nama X3J11, yang betujuan untuk membuat definisi standar bahasa C yang lebih modern dan komprehensif, dengan memperbaiki syntax dan grammar bahasa C. Usaha ini berhasil diselesaikan 5 tahun kemudian, yaitu ditandai dengan lahirnya standard ANSI untuk bahasa C yang kemudian terkenal dengan sebutan ANSI C pada tahun 1988.

Mengapa Pakai C++?

Sampai saat ini, bahasa C telah berhasil digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis permasalahan pemrograman, dari level operating system (unix, linux, ms dos, dsb), aplikasi perkantoran (text editor, word processor, spreadsheet, dsb), bahkan sampai pengembangan sistem pakar (expert system). Kompiler C juga telah tersedia di semua jenis platform komputer, mulai dari Macintosh, UNIX, PC, Micro PC, sampai super komputer. C bisa disebut bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level programming language). Arti tingkat (level) disini adalah kemampuan mengakses fungsi-fungsi dan perintah-perintah dasar bahasa mesin/hardware (machine basic instruction set). Semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman (misalnya: java), semakin mudahlah bahasa pemrograman dipahami manusia, namun membawa pengaruh semakin berkurang kemampuan untuk mengakses langsung instruksi dasar bahasa mesin. Demikian juga sebaliknya dengan bahasa pemrograman tingkat rendah (misalnya: assembler), yang semakin sulit dipahami manusia dan hanya berisi perintah untuk mengakses bahasa mesin. Dalam perspektif mudahnya dipahami manusia, C bisa digolongkan dalam bahasa tingkat tinggi, namun C juga menyediakan kemampuan yang ada pada bahasa tingkat rendah,misalnya operasi bit, operasi byte, pengaksesan memori, dsb.

Kenapa pakai Borland C++ Builder 6? knapa gk Delphi atau VB…!

Itu adalah pertanyaan yg akan muncul di benak kita,
alasan yg tepat munurut saya adalah berikut:

  1. Bahasa C lebih nyambung ke bahasa program lain (mis : java,php,Turbo Pascal, dll)
  2. Linux menggunakan Bahasa C
  3. Pada dasarnya Delphi7 sama Borland C++ Builder 6.0 cara kerjanya sama…(tp klo menurut saya bagusan Borland C++ Builder 6.0).
  4. Proses aplikasi matematik yg cukup rumitpun dapat dirancang.

Anda mungkin kenal gambar yang satu ini! Calculator versi Microsoft Windows 7. Saya mengatakan perhitungan yg dapat kita selesaikan dengan calculator ini termasuk dalam kategori cukup rumit, yg mana setelah disempurnakannya aplikasi ini dari calculator versinya Microsoft Windows XP sebelumnya. Apakah C++Builder mampu merancang hal yg sama? Tentu saya mengatakan ya sebab saya sudah mencobanya. Gambar yang paling bawah adalah contoh tampilannya, memang gambar di bawah masih belum sesempurna gambar di samping tetapi proses penyelesaian dan perhitungannya setelah dijalankan sudah rampung 75% dengan tampilan gambar yg sama dengan gambar disamping. Masalahnya 25% lagi adalah masalah kreatifitas rancangan. Artinya saya mau mengatakan bahwa apabila anda berkeinginan untuk mempelajari C++Builder 6.0, saya yakin bahwa anda sanggup merangcang sama persis dengan gambar disamping dengan proses perhitungan yg sama dan atau bahkan lebih, anda masih bisa berekspresi dengan menambahkan perhitungan2 lainnya termasuk perhitungan2 Fisika yang katanya saat ini adalah puncak pengetahuan paling rumit . Karena, konon katanya Fisika akar dari segala ilmu yg berbau teknologi, rekayasa genetika, teori peluang, dan sampai ditemukannya teori digital yg menjadi dasar dari berkembangnya dunia komputer. Jadi saran saya jangan mau ketinggalan, mulailah mempelajari segala sesuatu yg dekat dengan anda, dan jadilah penemu2 masa kini.

About tariparnababan

Saya seorang laki2 yg selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup saya, tetapi sebagai manusia terkadang ke egoisanQ muncul tiba2, tuk itu saya selalu berdoa kiranya TUHAN selalu mengingatkan aku, sebab aku bukan sipa2 bagi orang lain tetapi aku berharga buat Tuhan sebagai manusia yg sudah i tebus dari dosa......
This entry was posted in C++Builder 6.0, PEMROGRAMAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s